Potensi Kekuatan Nahdlatul Ulama

Menurut hasil Survei Alvara Research Center (ARC) pada Desember 2016, popularitas NU masuk tiga teratas dari semua ormas yang ada di Indonesia bersamaan dengan Muhammadiyah dan FPI yang sekarang ini popularitasnya semakin naik.

Dari hasil olah data penelitian ARC dapat disimpulkan sebagai berikut
– 50.3% umat Islam di Indonesia berafiliasi dengan NU
– dari 3 ormas paling dikenal di Indonesia NU menempati urutan teratas (97%)
– Mayoritas Umat Islam Indonesia mengamalkan amaliyah Nahdliyyin (71,7% Qunut Subuh, 48.8% ziarah ulama, 54.1% tarawih 23 rakaat, 62.8% menentukan awal bulan dengan rukyah, 83.4% tahlilan dan 90% memperingati maulid Nabi)
– 36.1% umat muslim Indonesia mengaku sebagai anggota NU
– dan 85% warga NU ada di pulau Jawa.

Dengan jumlah persentase anggota dan simpatisan yang ada, jika dapat dimaksimalkan NU mempunyai potensi kekuatan sosial yang sulit ditandingi. Bahkan KH Ahmad Mustofa Bisri mengistilahkan, NU itu ibarat pisau penyukur yang sangat tajam, tapi cuma dipakai mengiris bawang. Artinya banyak sekali yang masih bisa digali dari potensi yang ada.

Sebuah organisasi dengan pengikut terbesar dan dengan jaringan terbesar di 194 negara, kepengurusan wilayah di setiap propinsi beserta cabang dan anak cabang sampai ranting, serta puluhan ribu lembaga pendidikan formal dan informal. Di masa depan NU akan mampu memberi jawaban terhadap problematika sosial di dunia. NU akan menjadi pilihan terbaik umat muslim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *