Wajib Tahu, Dosa-dosa yang “lumrah” dan sering dilakukan

Banyak orang yang merasa dirinya bersih dari kesalahan. Bahkan perbuatan dosa yang sering dilakukan pun dianggap biasa, karena saking lumrahnya di masyarakat. Berikut beberapa dosa-dosa yang sering kita abai dan lalai :
1.       Merokok di tempat umum
Semua orang tahu kalau merokok itu tidak baik dan merugikan. Merugikan perokok sekaligus orang-orang yang berada di sekitarnya. Hal ini sering diabaikan oleh banyak orang yang merokok disembarang tempat yang banyak orangnya. Bayangkan, andai saja seseorang merokok di dalam bus umum. Hampir semua yang ada di dalamnya akan menghisap racun yang ada di dalam asapnya. Bagaimana jika orang-orang itu tidak rela paru-parunya diracuni oleh si perokok.
2.       Pamaer atau Riya’
Punya gadget baru? Dengan gadget dengan berbagai fitur canggih, proses foto-foto dan upload gambar di medsos menjadi hal yang lumrah. Tapi renungkanlah, banyak sekali orang ber-selfie ria dalam acara ritual-ritual keagamaan. Dan kemudian di upload di medsos. Tidak ada yang tahu apakah orang tersebut berniat pamer dengan apa yang difotonya atau tidak. Tapi disana setan punya celah besar untuk membuat seserang berniat pamer. Pamer atau riya bisa menghapus amal ibadah.
3.       Pacaran
Adakah konsep pacaran Islami? Jawabannya dalam Islam tidak ada pacaran. Pacaran membuka banyak peluang untuk melakukan perbuatan dosa lainya yang mengarah kepada perzinahan. Anehnya, pacaran sudah lumrah dilakukan oleh sebagian besar umat Islam di sekitar kita.
            4.  Menginjak alas kaki di tempat umum.
Sebagian besar tempat ibadah (masjid atau Musholla) pada umumnya tidak memberikan ruang yang cukup untuk menata alas kaki dengan rapi. Seringnya kita sebagai jamaah tidak memperhatikannya. ketika pulang dari Sholat Jum’at misalnya, kita sering menginjak alas kaki orang lain hingga menjadi kotor. sepertinya hal kecil bukan? tapi bayangkan jika alas kaki kita yang diinjak-injak dan kotor, minimal kita akan menggerutu dai dalam hati. dan ini salah satu perbuatan merugikan orang lain.

            Masih banyak lagi dosa-dosa yang dianggap lumrah di sekeliling kita. Sudah menjadi kewajiban masing-masing untuk menjaga dirinya sendiri beserta orang-orang terdekatnya dari perbuatan dosa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *