Siapakah Bangsa Palestina dan Israel?

“Tanah yang dijanjikan”, begitu kaum Yahudi menyebutnya. Tanah yang dijanjikan oleh Yahweh kepada bangsa Yahudi. Sedangkan kaum Muslimin menyebutnya “tanah yang diberkati”. Tanah yang di sana banyak diutus para Nabi.

Sejak lama area ini menjadi perebutan bangsa-bangsa besar. Dan masing-masing penduduk yang tinggal di sana mengklaim bahwa merekalah yang paling berhak memiliki tanah itu. Tempat suci tiga agama besar di dunia. Islam, Yahudi dan Nasrani.

Lalu siapakah sebenarnya bangsa Yahudi dan Palestina itu?

Bangsa Yahudi/Israel

Bangsa Yahudi selalu dikaitkan dengan keturunan 12 suku yang merupakan anak Nabi Yakub bin Ishaq bin Ibrahim (tinggal di Hebron pada sekitar 1800 SM). Kemudian Nabi Yakub beserta anak-anaknya pindah ke mesir mengikuti nabi Yusuf yang menjadi pembesar di kerajaan Firaun.

Bangsa Israel kembali lagi ke Palestina pada sekitar 1200 SM karena dianggap kaum kelas bawah oleh bangsa Mesir. Dan di kemudian hari bangsa Yahudi berhasil mengalahkan bangsa Palestina yang sudah mendiami area tersebut lebih dulu dan berhasil mendirikan kerajaan.

Beberapa abad kemudian wilayah ini silih berganti dikuasai oleh imperium besar. Di antaranya adalah Babilon dan Assyuria. Pada periode ini mereka berdiaspora ke beberapa wilayah baru di luar Palestina dan hidup sebagai pelarian. Sampai pada penaklukan Ottoman bangsa Yahudi bisa merasakan ketenangan karena hak-hak mereka dijamin dn dilindungi negara.

Bangsa Palestina

Bangsa Palestina dikenal sebagai musuh bangsa Israel. Sejarah awalnya dimulai dari imigran orang-orang wilayah Aegean di sekitar Yunani dan Turki. Temuan oleh para arkelolog menjelaskan bahwa bangsa ini diduga sudah mendiami wilayah Gaza, Askelon, Tel Aviv dan sekitarnya sejak abad 12 sebelum Masehi.

Bangsa Palestina kuno dikenal sebagai kaum berbudaya, mempunyai keterampilan pertanian anggur, dan pembuatan minyak. Mereka terhubung dengan kebudayaan mediterania timur di sekitar Yunani. Dan mereka berbicara dala bahasa Indo-Eropa. Mereka juga tidak disunat terkecuali setelah Islam menjadi agama mayoritas.

Goliath adalah tokoh terkenal bangsa Palestina yang menjadi musuh bangsa Israel. Digambarkan bahwa Goliath adalah sosok raksasa berbadan tinggi besar yang kemudian dikalahkan oleh Nabi Dawud sewaktu muda. Namun hasil temuan arkeolog membuktikan bahwa tidak ada kerangka berukuran raksasa di luar batas normal ukuran manusia pada zamannya.  Sehingga sosok raksasa Goliath ditafsirkan sebagai sosok yang mempunyai kekuasaan besar dan kuat. Karena pada masa itu bangsa Israel adalah bagsa yang terbelakang dan bangsa Palestina lebih berbudaya dan mempunya tentara yang kuat.

 

Tinggalkan Balasan