Dukung peningkatan kualitas pendidikan , IAIN Pekalongan gelar Road Seminar

IAIN Pekalongan mengadakan Road Seminar dengan tema “Peningkatan Akses dan Partisipasi Pendidikan Tinggi Melalui Sosialisasi Seleksi Prestasi Akademik nasional & ujian Masuk perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN & UM-PTKIN)”. SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Dan pola seleksi bentuk lain yang dilakukan secara bersama oleh UIN/IAIN/STAIN disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).

 

Rangkaian seminar tersebut diselenggarakan di tiga kota. Di Pemalang diadakan di Hotel Regina pada 12 Pebruari 2019 dengan 149 peserta yang hadir, di Pekalongan diadakan di hotel Pesonna pada 18 Pebruari 2019 dengan 230 peserta, dan di Tegal bertempat di hotel Grand Dian pada 19 Pebruari 2019 dengan 200 peserta yang hadir. Peserta yang hadir semuanya berasal dari unsur Kepala Sekolah dan Guru BK atau yang mewakili dari satuan pendidikan jenjang SMA, SMK dan MA se-kabupaten Pemalang, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, Kota Pekalongan, kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Batang.

 

Pemateri pada Road Seminar tersebut adalah Dr. Sadimin, S.Pd, M.Eng (Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII),  H. Taufik Rahman, S.H,.M.Hum (Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pemalang), Dr. H. Muhlisin, M.Ag (Wakil Rektor IAIN Pekalongan Bidang Akademik dan Kelembagaan), Drs. H. Ahmad Mundakir,  M.Si (Kepala kantor kementerian agama kota pekalongan), dan Drs. Samsudin, M.Pd (Kepala cabang dinas pendidikan wilayah XI Jawa Tengah).

 

Dalam paparannya Dr.Muhlisin menyampaikan, “IAIN pekalongan berkewajiban moral untuk meningkatkan Angka Partisi Murni (APK) dan Angka Partisipasi Kasar (APM). Dan Pemerintah melalui kemenag dan IAIN membantu menyiapkan generasi khairul ummah. Untuk itu IAIN Pekalongan akan membuat MoU dengan MA,SMA dan SMK  se Kabupaten Pemalang, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, Kota Pekalongan, kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Batang”. Dan pada kesempatan sebelumnya IAIN Pekalongan sudah membuat MoU dengan Madrasah Aliyah di bawah Kantor kemenag Kabupaten Pemalang dalam hal peningkatan mutu pendidikan.

 

Hasil dari kegiatan tersebut adalah meningkatnya animo siswa-siswi sekolah terhadap keberlanjutan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Ini dapat dicapai karena kegiatan Road Seminar tersebut langsung melibatkan para kepala sekolah dan guru BK yang dalam teknisnya bertugas pada proses pengisian PDSS. Dengan demikian IAIN Pekalongan secara nyata turut serta dalam meningkatkan Angka Pertisipasi Kasar (APK) dan Angka Pertisipasi Murni (APM) di kabupaten/kota yang dilibatkan dalam kegiatan Road Seminar tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *